Zenius Club

You are not logged in. (Login)
Skip Main Menu

Main Menu

Available Courses

  • Di forum ini lo bisa ngobrol-ngobrol sama temen lo, ngobrol sama tutor-tutor zenius tentang matpel yang lo ga bisa atau sulit buat lo ngerti. So, ga perlu malu buat nanya apapun deh disini, okey?
  • Nah kalo disini lo bisa nanya-nanya seputar pelajaran SMP, atau kalo mau cuma curhat sama tutor-tutor juga ga masalah sih, ya bikin diri lo senyaman mungkin deh disini.

Site news

Picture of eka retno utami
Otak Kiri Otak Kanan Cuma Mitos??
by eka retno utami - Thursday, 13 February 2014, 05:32 PM
 
Suatu kali ada seorang murid dateng ke ruangan gue untuk sekedar curhat tentang kebimbangannya mau milih kuliah jurusan apa.
"Kak, gue bingung nih gue bego banget di matematika. Kayaknya gue gak bisa masuk teknik deh, otak kanan gue lebih dominan jadi gak cocok di bidang science."

Guys, pernah ga sih lo mengalami hal semacam itu? Pernah ga kepikiran kenapa harus membatasi minat lo dengan anggapan-anggapan dan pendapat orang? "Kalo otak kanan gak cocok di bidang ini" "Kayaknya kalo dominan otak kiri cocoknya disini".

Pernah juga seorang guru menyampaikan ke orang tua murid tentang pilihan si anak murid.
"Sayang banget Bu, kalau si A memilih jurusan bahasa, padahal nilai-nilai sains dan matematikanya bagus. Si A ini lebih dominan di otak kiri."
Kalau si A ini memang minatnya di jurusan bahasa, lalu kenapa?

Nah, ternyata oh ternyata masyarakat kita udah salah kaprah sama mitos tentang otak kiri-otak kanan. Yang pada awal penelitiannya ini dilakukan oleh seorang ahli bedah otak, Paul Broca. Sebelum lo mengalami hal yang serupa kayak cerita di atas, lo wajib baca tulisan tutor biologi kita nih, Prasdianto. Doi bakal ngejelasin gimana bisa berkembangnya mitos ini sampe sekarang.

Semoga bermanfaat ;)
Picture of eka retno utami
kecepatan, laron dan kereta
by eka retno utami - Wednesday, 29 February 2012, 03:07 PM
 
pernah ga lo naik kereta, terus coba perhatiin semua kejadian di dalem kereta?
atau pernah ga lo coba loncat ke depan pas kereta lagi jalan? apakah posisi lo berpindah ke depan atau tetap di tempat?
atau pernah ga lo lihat laron yang terbang di sekeliling lampu kereta yang lagi jalan? apakah laron itu kepelanting ke belakang gerbong?

nah, pernah ga lo pikirin hal remeh temeh seperti itu? apakah ada penjelasan ilmiah dari kejadian-kejadian itu? ya, kalo lo cari-cari jawabannya sebenernya ada di ilmu yang kita pelajarin di sekolah, fisika *cring! hemmm, sebenernya panjang banget nih ceritanya kalo dibikin sinetron ala stasiun tv, tapi gue coba ga bertele-tele deh..

Jadi, di jaman dulu itu orang-orang percaya kalo bumi itu datar, matahari mengelilingi bumi bukan sebaliknya, atau bumi itu sebagai pusat tata surya. Nah, ada beberapa ilmuwan yang ga sepakat yang kemudian mengeluarkan teori-teori yang bertentangan. Bukan hal yang mudah loh, karena orang-orang jaman dulu itu masih berpegang teguh sama keyakinan mereka, jadi kalo ada yang beda suara satu biji aja langsung deh dihukum dianggap menyimpang dari agama. So, dilakukan lah suatu eksperimen buat ajang pembuktian nih. Salah satu kisahnya, pada sebuah menara kapal yang lagi berjalan, dijatohin deh sekantong pasir. Kalo dipikir-pikir sih, harusnya kantong pasir itu jatoh di luar kapal dong secara kapalnya jalan dengan kecepatan tertentu. Tapi ternyata, kantong pasirnya itu jatoh tepat di bawah menara masih di dalem kapal. Nah, apa coba kesimpulannya? Hemmm, jadi setiap benda dan materi di bumi ini meskipun dalam keadaan diam ternyata justeru bergerak, karena bumi inipun bergerak (ber-rotasi) dengan kecepatan yang konstan, jadi meskipun kalo dibayangin angkanya itu bumi kayaknya puyeng karena kecepatan muternya kenceng banget, tapi kita ga akan merasakan karena angka kecepatan itu konstan. Sama juga kayak kantong pasir yang dijatohin tadi, karena kapalnya lagi jalan dg kecepatan tertentu maka kantong pasirnya juga punya kecepatan yang sama dengan arah yang sama juga. (ini ada hubungannya loh sama teori gayanya Newton)

Lo juga bisa ngelakuin eksperimen yang sama di dalem kereta yang lagi jalan loh, kalo pas kereta lagi sepi (biar ganggu yah) coba loncat deh, nah gimana posisi lo setelah loncat?
Picture of eka retno utami
Asal muasal bahasa manusia
by eka retno utami - Monday, 2 January 2012, 10:33 PM
 
Mmmhh gimana yah bisa tercipta bahasa yang sampai sekarang manusia gunakan buat komunikasi ? Sudah sejak lama para peneliti dari berbagai universitas terkemuka internasional mempelajari studi tentang ini. Dimulai dari pengamatan terhadap mamalia yg berkerabat dekat sama kita, jenis primata tak berekor, simpanse. Ternyata eh ternyata, simpanse liar akan memperingatkan simpanse lain kalau mereka melihat bahaya. Buat meneliti gimana hal tersebut bisa terjadi, para peneliti menempatkan model ular berbisa dari plastik di jalur simpanse liar lalu memantau reaksi primata tersebut. Nah, waktu simpanse melihat ular tersebut, dia akan mengeluarkan suara ‘huu’ pelan kalau ada simpanse lain yang ga menyadari keberadaan ular itu. Begitulah, cara mereka saling berkomunikasi. Sebenernya hal ini bukan hal baru, tapi dalam penelitian kali ini ~dimuat dalam jurnal Current Biology Universitas St. Andrews~ sang simpanse kelihatannya paham betul, bukan cuma dengan siapa dia bicara, tapi juga paham apa yang diketahui lawan bicaranya. Jadi, inilah awalnya kenapa makhluk merasa perlu berkomunikasi. Nah, sekarang kebayang ga teman-teman gimana kalau ga ada bahasa? Mmmhh gimana caranya kita bisa bilang ‘sayang kamu’ atau sekedar texting sang HTS ‘maaf’ atau mau say thanks buat gebetan? Hehe *yang ini lebay -sumber: kompas-
Picture of eka retno utami
update-an terbaru di zenius.net
by eka retno utami - Tuesday, 27 December 2011, 01:37 PM
 
sekarang Desember udah mau berakhir, ujian tentunya udah pada selesai ya teman-teman.. banyak rencana liburan kesini kesitu boleh aja, tapi jangan lupa dong sama sekolah, hehe.. di zenius.net sekarang ini udah ada update-an terbaru kelas XI SMA bab5 yaitu materi sukubanyak.. bagi teman-teman yang mau memperdalam ilmu *halah! di tengah liburan akhir tahun ini bisa langsung aja buka zenius.net, atau buka link berikut ini nih wink ~http://www.zenius.net/c/ch/2278/bab-05-teorema-sisa-dan-teorema-faktor-konsep ~http://www.zenius.net/c/ch/2279/bab-05-teorema-sisa-dan-teorema-faktor-latihan-soal ~http://www.zenius.net/c/ch/2276/bab-05-pembagian-istimewa-fpb-kpk-dan-akar-akar-sukubanyak-konsep ~http://www.zenius.net/c/ch/2275/bab-05-pembagian-istimewa-fpb-kpk-dan-akar-akar-sukubanyak-latihan-soal ~http://www.zenius.net/c/ch/2280/bab-05-pengertian-dan-operasi-pada-sukubanyak-konsep ~http://www.zenius.net/c/ch/2277/bab-05-pengertian-dan-operasi-pada-sukubanyak-latihan-soal
Picture of eka retno utami
benarkah bumi mengelilingi matahari?
by eka retno utami - Monday, 12 December 2011, 05:31 PM
 
Pernah ga kita meragukannya?
Mungkin ga yang terjadi itu kebalikannya?
Matahari yang mengelilingi bumi bukan bumi yang mengelilingi matahari?
Selama ini, buku pelajaran dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut menyuguhkan kita mengenai sistem tata surya yang ada, yaitu semua planet mengelilingi matahari ga terkecuali si planet bumi.
Lalu apa buktinya?
Kalo kita mau bukti secara riil-nya, coba deh terbang ke angkasa, terus amati pergerakan si planet biru ini.
Tapi tentu aja hal itu ga mungkin kan, hehe (ya iyalah)
Di awal perkembangan sains, para master kayak Copernicus, Kepler, Galileo & Newton berpendapat kayak gitu bukan tanpa pengamatan sekali-duakali loh.
Semua punya penjelasan secara matematis dan filosofis.

Bukti pertama, adalah yang ditemukan oleh James Bradley (1725) yg menemukan adanya aberasi bintang. Apa itu?
Coba bayangkan kita sedang berdiri ditengah-tengah hujan, terus air hujannya jatoh tepat vertikal/tegak lurus di atas kepala kita. Kalo kita pake payung, maka muka & belakang kepala kita ga akan keciprat air kan? Kemudian kita mulai berjalan ke depan, perlahan-lahan & semakin cepat berjalan, maka seolah-olah air hujan yg tadi jatoh tadi, malah membelok dan menciprati muka kita, padahal ga begitu kan sebenernya air hujan ya jatoh tegak lurus ke bumi.
Nah, begitu juga fenomena aberasi bintang, sebenarnya bintang yg letaknya jauh banget itu selalu tetap pd suatu titik, tapi dr pengamatan astronom, si bintang ternyata mengalami pergeseran dari titik awalnya, meskipun ga seberapa besar tp cukup buat nunjukkin kalo bumi itu bergerak.

Itu baru bukti pertama, bukti lainnya apa hayooo?

sumber: langitselatan (media astronomi indonesia)

Online study club for zenius users or future zenius users wink
Skip Calendar

Calendar

Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 Today Tuesday, 21 October 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31