Zenius Club

You are not logged in. (Login)
Skip Main Menu

Main Menu

Available Courses


Site news

Picture of Nurul Qomariah
Forum Zenius Club Baru
by Nurul Qomariah - Tuesday, 1 March 2016, 02:48 PM
 
Hai. Saat ini forum Zenius Club sudah pindah ke forum yang baru. Kamu bisa masuk ke forum Zenius Club yang baru dengan mengakses https://www.zenius.net/club lalu log-in menggunakan akun zenius.net yang kamu gunakan saat aktivasi voucher Xpedia 2.0 smile
Picture of Nurul Qomariah
Siapakah Pribumi Indonesia?
by Nurul Qomariah - Monday, 12 October 2015, 02:00 PM
 

A: Eh lo keturunan Arab ya? Wah, bukan pribumi!

B: Enak aja, gue pribumi dong. Gue kan orang Sunda.

Ada yang pernah mendengar kata pribumi? Pasti pernah dong! Saat ini, kata pribumi digunakan untuk menunjuk masyarakat (yang dianggap) penghuni asli, bukan pendatang; misalnya Suku Sunda di Jawa Barat, Suku Batak di Sumatra Utara, Suku Dani dan Asmat di Papua, Suku Bugis di Sulawesi, dan lain sebagainya. Sebetulnya, apakah suku-suku yang tersebut di atas adalah penghuni asli Indonesia?

Gini, jika pribumi diartikan sebagai penghuni asli suatu daerah, maka bisa dikatakan bahwa tidak ada suku manapun yang merupakan pribumi Indonesia. Lho kenapa begitu? Dulu, bumi nusantara ini adalah tanah tak bertuan, hingga para manusia dari berbagai rumpun suku datang silih berganti ke Indonesia dan mengklaim bahwa tanah ini milik mereka. Jadi, pada hakikatnya kita semua adalah pendatang gaes. Jika pribumi diartikan sebagai masyarakat yang paling lama tinggal di Indonesia, maka yang paling pantas disebut pribumi adalah Homo Erectus yang udah ngubek-ngubek nusantara selama kurang lebih 1,5 juta tahun (Gila, itu lamaaa banget).

Intinya, para warga keturunan Arab (semit), India (dravida, tamil), dan Tionghoa (sino-tibetan) di Indonesia adalah pendatang, sebagaimana orang Melayu (austronesia) dan Papua (melanesia) di Indonesia juga adalah pendatang. Nah, kalau lo pengen tau lebih jauh tentang kapan dan bagaimana proses kedatangan para nenek moyang kita ke Indonesia, lo bisa baca salah satu artikel zeniusBLOG di sini! Daaaaan, terlepas dari pribumi dan pendatang, terlepas dari warna kulit dan bahasa daerah; kita semua adalah manusia dan warga Indonesia.

Yup! We are all human and we deserve to be treated equally. J

Picture of Nurul Qomariah
Mahatma Gandhi? Siapa sih dia?
by Nurul Qomariah - Friday, 9 October 2015, 06:14 PM
 

Kalian tau Soekarno? Muhammad Hatta? Tan Malaka? Mungkin nama itu udah gak asing lagi di telinga lo. Mungkin lo juga udah tau bahwa nama-nama yang gue sebut barusan adalah para bapak Republik Indonesia, para pejuang yang sangat berperan besar dalam proses memerdekakan Indonesia. Nah, sekarang gue akan sedikit membahas tentang seorang pejuang kemerdekaan nih, bukan dari Indonesia, melainkan India.

India adalah salah satu negara di Benua Asia yang merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947. Tapi, India memperingati Hari Republik mereka setiap tanggal 26 Januari gaes, soalnya konstitusi mereka emang baru disahkan pada tanggal 26 Januari 1950. Nah, di balik kemerdekaan India tersebut, ada satu tokoh yang berperan besar di dalamnya, siapakah dia? Jreeeng jreeengggg, dia adalah Mahatma Gandhi. Pernah dengar nama Mahatma Gandhi gak? Hayooo ngaku! :p

Mahatma Gandhi adalah bapak bangsa India. Dia adalah orang yang sangat berperan besar dalam memerdekakan India. Nah, di balik perannya yang besar itu, ternyata saat remaja, Gandhi adalah orang yang pemalu, grogi kalau ngomong di depan banyak orang, dan tidak menonjol dalam hal akademis. Lho kok bisa ya si pemalu berubah menjadi seorang pejuang kemerdekaan India?

Oya, Gandhi juga punya kekerenan lain nih gaes. Biasanya, sebuah negara itu merdeka setelah melalui serangkaian pertumpahan darah, berbeda dengan India. Si Gandhi berjuang dan tetap konsisten untuk memerdekakan India tanpa melalui kekerasan. Wih, kok bisa ya? BTW, karena konsistensi Gandhi untuk menempuh jalan tanpa kekerasan, PBB menetapkan tanggal lahir Gandhi sebagai Hari Anti-Kekerasan Internasional. Penasaran kisahnya? Beberapa waktu lalu, zeniusBLOG pernah bahas tentang Gandhi nih, kalau lo masih penasaran sama Gandhi, lo bisa cek: https://www.zenius.net/blog/9510/biografi-mahatma-gandhi ya! J

 

Picture of eka retno utami
Otak Kiri Otak Kanan Cuma Mitos??
by eka retno utami - Thursday, 13 February 2014, 05:32 PM
 
Suatu kali ada seorang murid dateng ke ruangan gue untuk sekedar curhat tentang kebimbangannya mau milih kuliah jurusan apa.
"Kak, gue bingung nih gue bego banget di matematika. Kayaknya gue gak bisa masuk teknik deh, otak kanan gue lebih dominan jadi gak cocok di bidang science."

Guys, pernah ga sih lo mengalami hal semacam itu? Pernah ga kepikiran kenapa harus membatasi minat lo dengan anggapan-anggapan dan pendapat orang? "Kalo otak kanan gak cocok di bidang ini" "Kayaknya kalo dominan otak kiri cocoknya disini".

Pernah juga seorang guru menyampaikan ke orang tua murid tentang pilihan si anak murid.
"Sayang banget Bu, kalau si A memilih jurusan bahasa, padahal nilai-nilai sains dan matematikanya bagus. Si A ini lebih dominan di otak kiri."
Kalau si A ini memang minatnya di jurusan bahasa, lalu kenapa?

Nah, ternyata oh ternyata masyarakat kita udah salah kaprah sama mitos tentang otak kiri-otak kanan. Yang pada awal penelitiannya ini dilakukan oleh seorang ahli bedah otak, Paul Broca. Sebelum lo mengalami hal yang serupa kayak cerita di atas, lo wajib baca tulisan tutor biologi kita nih, Prasdianto. Doi bakal ngejelasin gimana bisa berkembangnya mitos ini sampe sekarang.

Semoga bermanfaat ;)
Picture of eka retno utami
kecepatan, laron dan kereta
by eka retno utami - Wednesday, 29 February 2012, 03:07 PM
 
pernah ga lo naik kereta, terus coba perhatiin semua kejadian di dalem kereta?
atau pernah ga lo coba loncat ke depan pas kereta lagi jalan? apakah posisi lo berpindah ke depan atau tetap di tempat?
atau pernah ga lo lihat laron yang terbang di sekeliling lampu kereta yang lagi jalan? apakah laron itu kepelanting ke belakang gerbong?

nah, pernah ga lo pikirin hal remeh temeh seperti itu? apakah ada penjelasan ilmiah dari kejadian-kejadian itu? ya, kalo lo cari-cari jawabannya sebenernya ada di ilmu yang kita pelajarin di sekolah, fisika *cring! hemmm, sebenernya panjang banget nih ceritanya kalo dibikin sinetron ala stasiun tv, tapi gue coba ga bertele-tele deh..

Jadi, di jaman dulu itu orang-orang percaya kalo bumi itu datar, matahari mengelilingi bumi bukan sebaliknya, atau bumi itu sebagai pusat tata surya. Nah, ada beberapa ilmuwan yang ga sepakat yang kemudian mengeluarkan teori-teori yang bertentangan. Bukan hal yang mudah loh, karena orang-orang jaman dulu itu masih berpegang teguh sama keyakinan mereka, jadi kalo ada yang beda suara satu biji aja langsung deh dihukum dianggap menyimpang dari agama. So, dilakukan lah suatu eksperimen buat ajang pembuktian nih. Salah satu kisahnya, pada sebuah menara kapal yang lagi berjalan, dijatohin deh sekantong pasir. Kalo dipikir-pikir sih, harusnya kantong pasir itu jatoh di luar kapal dong secara kapalnya jalan dengan kecepatan tertentu. Tapi ternyata, kantong pasirnya itu jatoh tepat di bawah menara masih di dalem kapal. Nah, apa coba kesimpulannya? Hemmm, jadi setiap benda dan materi di bumi ini meskipun dalam keadaan diam ternyata justeru bergerak, karena bumi inipun bergerak (ber-rotasi) dengan kecepatan yang konstan, jadi meskipun kalo dibayangin angkanya itu bumi kayaknya puyeng karena kecepatan muternya kenceng banget, tapi kita ga akan merasakan karena angka kecepatan itu konstan. Sama juga kayak kantong pasir yang dijatohin tadi, karena kapalnya lagi jalan dg kecepatan tertentu maka kantong pasirnya juga punya kecepatan yang sama dengan arah yang sama juga. (ini ada hubungannya loh sama teori gayanya Newton)

Lo juga bisa ngelakuin eksperimen yang sama di dalem kereta yang lagi jalan loh, kalo pas kereta lagi sepi (biar ganggu yah) coba loncat deh, nah gimana posisi lo setelah loncat?

Hai. Saat ini forum Zenius Club sudah pindah ke forum yang baru. Kamu bisa masuk ke forum yang baru dengan mengakses https://www.zenius.net/club lalu log-in menggunakan akun zenius.net yang kamu gunakan saat aktivasi voucher Xpedia 2.0. smile


Skip Calendar

Calendar

Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
        Today Thursday, 1 September 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30