Picture of eka retno utami
Otak Kiri Otak Kanan Cuma Mitos??
by eka retno utami - Thursday, 13 February 2014, 05:32 PM
 
Suatu kali ada seorang murid dateng ke ruangan gue untuk sekedar curhat tentang kebimbangannya mau milih kuliah jurusan apa.
"Kak, gue bingung nih gue bego banget di matematika. Kayaknya gue gak bisa masuk teknik deh, otak kanan gue lebih dominan jadi gak cocok di bidang science."

Guys, pernah ga sih lo mengalami hal semacam itu? Pernah ga kepikiran kenapa harus membatasi minat lo dengan anggapan-anggapan dan pendapat orang? "Kalo otak kanan gak cocok di bidang ini" "Kayaknya kalo dominan otak kiri cocoknya disini".

Pernah juga seorang guru menyampaikan ke orang tua murid tentang pilihan si anak murid.
"Sayang banget Bu, kalau si A memilih jurusan bahasa, padahal nilai-nilai sains dan matematikanya bagus. Si A ini lebih dominan di otak kiri."
Kalau si A ini memang minatnya di jurusan bahasa, lalu kenapa?

Nah, ternyata oh ternyata masyarakat kita udah salah kaprah sama mitos tentang otak kiri-otak kanan. Yang pada awal penelitiannya ini dilakukan oleh seorang ahli bedah otak, Paul Broca. Sebelum lo mengalami hal yang serupa kayak cerita di atas, lo wajib baca tulisan tutor biologi kita nih, Prasdianto. Doi bakal ngejelasin gimana bisa berkembangnya mitos ini sampe sekarang.

Semoga bermanfaat ;)