Picture of eka retno utami
benarkah bumi mengelilingi matahari?
by eka retno utami - Monday, 12 December 2011, 05:31 PM
 
Pernah ga kita meragukannya?
Mungkin ga yang terjadi itu kebalikannya?
Matahari yang mengelilingi bumi bukan bumi yang mengelilingi matahari?
Selama ini, buku pelajaran dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut menyuguhkan kita mengenai sistem tata surya yang ada, yaitu semua planet mengelilingi matahari ga terkecuali si planet bumi.
Lalu apa buktinya?
Kalo kita mau bukti secara riil-nya, coba deh terbang ke angkasa, terus amati pergerakan si planet biru ini.
Tapi tentu aja hal itu ga mungkin kan, hehe (ya iyalah)
Di awal perkembangan sains, para master kayak Copernicus, Kepler, Galileo & Newton berpendapat kayak gitu bukan tanpa pengamatan sekali-duakali loh.
Semua punya penjelasan secara matematis dan filosofis.

Bukti pertama, adalah yang ditemukan oleh James Bradley (1725) yg menemukan adanya aberasi bintang. Apa itu?
Coba bayangkan kita sedang berdiri ditengah-tengah hujan, terus air hujannya jatoh tepat vertikal/tegak lurus di atas kepala kita. Kalo kita pake payung, maka muka & belakang kepala kita ga akan keciprat air kan? Kemudian kita mulai berjalan ke depan, perlahan-lahan & semakin cepat berjalan, maka seolah-olah air hujan yg tadi jatoh tadi, malah membelok dan menciprati muka kita, padahal ga begitu kan sebenernya air hujan ya jatoh tegak lurus ke bumi.
Nah, begitu juga fenomena aberasi bintang, sebenarnya bintang yg letaknya jauh banget itu selalu tetap pd suatu titik, tapi dr pengamatan astronom, si bintang ternyata mengalami pergeseran dari titik awalnya, meskipun ga seberapa besar tp cukup buat nunjukkin kalo bumi itu bergerak.

Itu baru bukti pertama, bukti lainnya apa hayooo?

sumber: langitselatan (media astronomi indonesia)