Picture of eka retno utami
kecepatan, laron dan kereta
by eka retno utami - Wednesday, 29 February 2012, 03:07 PM
 
pernah ga lo naik kereta, terus coba perhatiin semua kejadian di dalem kereta?
atau pernah ga lo coba loncat ke depan pas kereta lagi jalan? apakah posisi lo berpindah ke depan atau tetap di tempat?
atau pernah ga lo lihat laron yang terbang di sekeliling lampu kereta yang lagi jalan? apakah laron itu kepelanting ke belakang gerbong?

nah, pernah ga lo pikirin hal remeh temeh seperti itu? apakah ada penjelasan ilmiah dari kejadian-kejadian itu? ya, kalo lo cari-cari jawabannya sebenernya ada di ilmu yang kita pelajarin di sekolah, fisika *cring! hemmm, sebenernya panjang banget nih ceritanya kalo dibikin sinetron ala stasiun tv, tapi gue coba ga bertele-tele deh..

Jadi, di jaman dulu itu orang-orang percaya kalo bumi itu datar, matahari mengelilingi bumi bukan sebaliknya, atau bumi itu sebagai pusat tata surya. Nah, ada beberapa ilmuwan yang ga sepakat yang kemudian mengeluarkan teori-teori yang bertentangan. Bukan hal yang mudah loh, karena orang-orang jaman dulu itu masih berpegang teguh sama keyakinan mereka, jadi kalo ada yang beda suara satu biji aja langsung deh dihukum dianggap menyimpang dari agama. So, dilakukan lah suatu eksperimen buat ajang pembuktian nih. Salah satu kisahnya, pada sebuah menara kapal yang lagi berjalan, dijatohin deh sekantong pasir. Kalo dipikir-pikir sih, harusnya kantong pasir itu jatoh di luar kapal dong secara kapalnya jalan dengan kecepatan tertentu. Tapi ternyata, kantong pasirnya itu jatoh tepat di bawah menara masih di dalem kapal. Nah, apa coba kesimpulannya? Hemmm, jadi setiap benda dan materi di bumi ini meskipun dalam keadaan diam ternyata justeru bergerak, karena bumi inipun bergerak (ber-rotasi) dengan kecepatan yang konstan, jadi meskipun kalo dibayangin angkanya itu bumi kayaknya puyeng karena kecepatan muternya kenceng banget, tapi kita ga akan merasakan karena angka kecepatan itu konstan. Sama juga kayak kantong pasir yang dijatohin tadi, karena kapalnya lagi jalan dg kecepatan tertentu maka kantong pasirnya juga punya kecepatan yang sama dengan arah yang sama juga. (ini ada hubungannya loh sama teori gayanya Newton)

Lo juga bisa ngelakuin eksperimen yang sama di dalem kereta yang lagi jalan loh, kalo pas kereta lagi sepi (biar ganggu yah) coba loncat deh, nah gimana posisi lo setelah loncat?