Picture of Nurul Qomariah
Mahatma Gandhi? Siapa sih dia?
by Nurul Qomariah - Friday, 9 October 2015, 06:14 PM
 

Kalian tau Soekarno? Muhammad Hatta? Tan Malaka? Mungkin nama itu udah gak asing lagi di telinga lo. Mungkin lo juga udah tau bahwa nama-nama yang gue sebut barusan adalah para bapak Republik Indonesia, para pejuang yang sangat berperan besar dalam proses memerdekakan Indonesia. Nah, sekarang gue akan sedikit membahas tentang seorang pejuang kemerdekaan nih, bukan dari Indonesia, melainkan India.

India adalah salah satu negara di Benua Asia yang merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947. Tapi, India memperingati Hari Republik mereka setiap tanggal 26 Januari gaes, soalnya konstitusi mereka emang baru disahkan pada tanggal 26 Januari 1950. Nah, di balik kemerdekaan India tersebut, ada satu tokoh yang berperan besar di dalamnya, siapakah dia? Jreeeng jreeengggg, dia adalah Mahatma Gandhi. Pernah dengar nama Mahatma Gandhi gak? Hayooo ngaku! :p

Mahatma Gandhi adalah bapak bangsa India. Dia adalah orang yang sangat berperan besar dalam memerdekakan India. Nah, di balik perannya yang besar itu, ternyata saat remaja, Gandhi adalah orang yang pemalu, grogi kalau ngomong di depan banyak orang, dan tidak menonjol dalam hal akademis. Lho kok bisa ya si pemalu berubah menjadi seorang pejuang kemerdekaan India?

Oya, Gandhi juga punya kekerenan lain nih gaes. Biasanya, sebuah negara itu merdeka setelah melalui serangkaian pertumpahan darah, berbeda dengan India. Si Gandhi berjuang dan tetap konsisten untuk memerdekakan India tanpa melalui kekerasan. Wih, kok bisa ya? BTW, karena konsistensi Gandhi untuk menempuh jalan tanpa kekerasan, PBB menetapkan tanggal lahir Gandhi sebagai Hari Anti-Kekerasan Internasional. Penasaran kisahnya? Beberapa waktu lalu, zeniusBLOG pernah bahas tentang Gandhi nih, kalau lo masih penasaran sama Gandhi, lo bisa cek: https://www.zenius.net/blog/9510/biografi-mahatma-gandhi ya! J